Jumat, 09 April 2010

KURIKULUM


Agar perencanaan dan penyelenggaraan program pendidikan (Kelas REGULER maupun Kelas Karyawan) dapat memberikan hasil yang sebaik-baiknya, maka perlu adanya suatu kesamaan konsep tentang kurikulum pada segenap Civitas Akademika Institut Sains dan teknologi Al-Kamal.


Kurikulum tidak hanya merupakan acara pengajaran, akan tetapi adalah segenap upaya terorganisasi yang dilakukan untuk meyelenggarakan dharma pendidikan yang dituangkan dalam program-program studi formal, dan penetapan kelulusan serta peraturan pendidikan dan ketentuan tentang penyelenggaraannya. Disamping itu kurikulum dapat berfungsi sebagi katalis bagi pembaharuan dan penyegaran.


Kurikulum adalah sasaran pendidikan, yang mencakup segala upaya penyelenggaraan pendidikan yang terencana alam program-program studi. Kurikulum merupakan gambaran proses belajar mengajar, termasuk acra pengajaran, tatacara penyelenggaraan, proses penilain, serta ketentuan-ketentuan yang mendukung dan mejamin tercapainya tujuan pendidikan.


Kurikulum mempunyai penekanan pada pembinaan kemampuan berfikir, agar para lulusan mampu menghadapi dan meyelesaikan masalah-masalah yang baru dan sulit secara kompeten dan inovatif. Berkenaan dengan itu perlu dilakukan pembinaan sikap ilmiah serta kebiasaan belajar secara baik sedini mungkin.

Tidak ada komentar: